Selasa, 29 November 2011

IS IT ABOUT THE TIME?

Jarum jam hampir mendekati angka 4. Temanku nampak sudah siap berdiri di depan komputer penghitung waktu. Saatnya hampir tiba. Jam 3.57 pm temanku akan menggesekkan kartu pegawainya dan memilih menu "clock out" untuk mengakhiri jam kerjanya hari ini.

"Is it about the time?" aku bertanya padanya.
"2 minutes left" jawabnya.
"It's not bad" jawabku.
"Yeah" jawabnya.

Percakapan ini seringkali kami lakukan. Utamanya di hari Senin sampai Kamis, karena dia tidak bekerja di hari Jum'at. Percakapan yang sebenarnya sama dan terkesan sebagai basa-basi. Namun aku tidak menganggapnya demikian. Kenapa begitu? Karena dari percakapan yang nyaris sama di setiap sorenya, aku merasa lama-lama kami bisa berbagi banyak cerita. 

Cerita yang barangkali juga gak penting-penting amat, seperti apa rencana sepulang kantor, siapa yang memasak makan malam, kapan jadwal pertandingan football berikutnya, bagaimana kabar orangtua, bagaimana ramalan cuaca malam ini dan aneka topik obrolan ringan. Ya ... Selama 2 atau 3 menit sebelum temanku pulang, kami bisa mengobrolkan apa saja.

Kalimat "Is it about the time?" pun menjadi bagian dari cerita dan pengalamanku sehari-hari. Sambil menunggu temanku presensi sebelum pulang, kami gunakan waktu yang ada untuk ngobrol. Dari sini, aku banyak belajar hal baru. Ya ... Hanya dengan memanfaatkan waktu kurang dari 5 menit, aku memperoleh tambahan pengetahuan ....