Rabu, 23 November 2011

IT DROVE ME NUT ...

Kudengar kalimat ini datang dari temanku pagi ini. Awalnya aku kurang tahu apa yang dimaksudnya, namun kemudian aku mengerti duduk persoalannya. Masalahnya adalah pembayaran pajak. Akhir minggu ini dia harus membayar pajak untuk property yang dimilikinya. Jumlahnya sekitar 1200 dolar.

Pagi ini, saat dia menghubungi kantor pajak untuk mengurus pembayaran tagihannya, dia diminta menunggu untuk dihubungkan dengan staf yang berwenang. Kurang lebih 13 menit dia menunggu, tidak ada hasil yang diperolehnya.

"It drove me nut" katanya padaku.
"Can you believe it's been 13 minutes and I still had to wait to speak with one of them?" lanjutnya.
"I hang the phone" katanya lagi.

Aku mengerti maksudnya. Sangat jarang ditemui pelayanan publik di negara ini tidak memenuhi standardnya. Temanku merasa pagi ini pelayanan yang dia terima sangat tidak menyenangkan. Dan hal ini membuatnya kesal. Karenanya, dia putuskan telepon setelah dia kesal menunggu selama kurang lebih 13 menit.

Sesaat kemudian dia mencoba menghubungi kantor ini kembali. Saat dia berbicara dengan staf yang sama, dia mengeluhkan kenapa dia harus menunggu selama ini. Nampaknya temanku kemudian mendapatkan penjelasan atas apa yang terjadi. Kemudian temanku disambungkan dengan staf yang dimaksud dan dia menyampaikan apa yang menjadi concern-nya. Pada akhirnya semuanya jelas. Temanku pun merasa semua pertanyaannya terjawab. 

Sebuah pelajaran baru untukku hari ini ... Jangan takut untuk menyampaikan permasalahan dan keluhan atas pelayanan yang kurang baik yang kita terima ... Utamanya, ketika kita berhadapan dengan "public service staf" ...