Kamis, 24 November 2011

I AM HAPPY I MADE A MISTAKE ...

Kalimat ini kudengar dari temanku saat kami sedang asyik menata berkas. Ketika itu suasana lumayan sepi, sehingga kami tidak perlu terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan penataan berkas ini. 

"I am happy I made a mistake" kata temanku saat dia keliru mengambil berkas dan aku mengkoreksinya.
"Yeah ... You learn from your mistake. I promise you won't make the same mistake in the future" begitu jawabku.

Kalimat "I am happy I made a mistake" sungguh gak biasa kudengar. Baru kali ini aku mendengar seseorang mengungkapkan hal ini. Kalimat ini rupanya merupakan salah satu kalimat yang umum diucapkan untuk pemula yang sedang mempelajari sesuatu yang baru.

Selama ini, banyak yang menganggap melakukan suatu kekeliruan bukanlah sebagai sesuatu yang menyenangkan hati. Umumnya saat kita melakukan kekeliruan, kita akan merasa kurang nyaman. Namun hari ini perspektifku tentang melakukan suatu kekeliruan berubah. Saat aku mendengar kalimat ini, aku tahu melakukan sebuah kekeliruan tidak selalu memiliki makna tidak menyenangkan. Justru, melakukan kesalahan merupakan sebuah pengalaman yang menggembirakan. Kenapa begitu? Karena dengan melakukan kekeliruan, kita kemudian akan belajar sesuatu yang baru dan benar. 

Bagiku, kalimat ini kemudian terasa sebagai kalimat yang menguatkan hati seseorang untuk tidak perlu takut ketika melakukan kekeliruan. Ketika kita melakukan kekeliruan dan merasa tidak nyaman, kita perlu ingat kalimat "I am happy I made a mistake" ini. Kalimat ini akan memberikan energi bagi kita untuk memahami bahwa kekeliruan bisa jadi merupakan bagian dari sebuah proses pembelajaran.


Rasanya memang kontradiktif saat kita mendengar kalimat ini. Tetapi, kalau kita rasakan makna yang terkandung dalam kalimat ini terasa seperti energi positif. Dengan mendengar atau mengucapkan kalimat ini, mereka yang sedang memulai proses belajarnya tidak perlu takut saat melakukan kekeliruan. Pandanglah kekeliruan sebagai salah satu bagian dari proses pembelajaran ....