Rabu, 09 November 2011

SHE'S ALWAYS POSITIVE ...

Kata "she" pada kalimat ini merujuk padaku. Kalimat ini muncul saat temanku berbicara mengenai suasana hatinya dengan teman lain. Suasana hati atau mood seseorang memang naik turun. Gak selalu sama setiap harinya. Temanku menganggap dirinya memiliki mood yang berbeda-beda setiap harinya. Sebaliknya, ia menganggap aku selalu berada pada mood yang stabil alias sama terus. Makanya dia mengatakan "She is always positive."

Lalu, apa jawanku? Sudah pasti "Thanks." Jawaban standar untuk sebuah pujian yang dilontarkan. Ya ... Bagiku ini memang sebuah pujian. Tetapi, sudah pasti pujian seperti ini tidak akan membuatku besar kepala. Aku merasa biasa saja sebenarnya, tetapi temanku memandangku dari sisi lain. Aku dianggapnya memiliki sikap positif terus.

Suasana hati dan mood memang sangat personal. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Bukan hanya faktor internal (dari dalam) melainkan juga faktor eksternal (dari luar). Aku menyadari sepenuhnya hal ini. Justru karena aku menyadari mood ini bersifat personal, aku tidak banyak memberikan perhatian pada hal-hal sedetil ini dalam menjalani hari-hariku disini. Yang kuupayakan adalah olah rasa agar aku memiliki kepekaan terhadap apa yang kurasakan sendiri sebelum aku bisa berempati pada perasaan orang lain. Atau sebaliknya, berusaha memahami perasaan orang lain dan berusaha menerapkannya padaku. Umpamanya saja, kalau aku gak mau dibuat jengkel, ya jangan sampai aku membuat jengkel ... Simpel saja kan?

"She is always positive," sungguh sebuah ungkapan yang patut kupertanggungjawabkan kebenarannya ...