Selasa, 08 November 2011

DON'T HAVE TOO MUCH FUN ...

Kalimat ini rutin kudengar darinya. Seorang part timer, yang sedang berharap menjadi full timer, yang sangat senang bercanda. Gak pagi, gak siang, gak sore sebelum pulang, kalimat ini selalu diucapkannya.

"Don't have to much fun, ladies ..." itu adalah ucapannya dalam  versi lain. Intinya sih sama saja.

Aku mengenalnya hampir setahun yang lalu. Pembawaannya yang ceria membuatku merasa cepat enjoy dengan lingkunganku yang baru. Selalu saja dia menyapa duluan dan mengajak aku dan temanku ngobrol.

Kalau sudah ngobrol dengan temanku, biasanya mereka akan saling bertanya tentang anak, tentang kendaraan, tentang menu makan malam dan tentang orangtua mereka dan aneka bahan ngobrol yang rasanya gak penting-penting amat. Tak jarang obrolan diakhiri dengan ungkapan saling ejek - tetapi sebatas canda saja.

"Do you need something? Do you need anything to drink?"

Kalimat ini juga dilontarkannya padaku dan temanku saat jam makan siang tiba. Kalau sedang gak sibuk, temanku biasanya nebeng kendaraan staf tadi untuk belanja makan siang. Kalau sibuk, temanku hanya nitip untuk dibelikan makan siang pada staf tadi. Mana yang paling memungkinkan, itulah yang mereka lakukan.

Untukku, aku selalu punya jawaban sama "I am fine", atau "No, thanks."

Aku melihat temanku dan staf ini berteman dengan sangat baik. Ketika ucapan apa pun dengan bebas bisa dilontarkan - tanpa tendensi untuk menyakiti atau pun tersakiti - aku tahu mereka bersikap begitu karena mereka merasa saling dekat dan memahami.

Ya ... Di ruang kerja ini - yang merupakan tempat untuk berinteraksi dengan staf dari departmen lain - aku bisa melihat sekat senioritas dan yunioritas, sekat gender, sekat latar belakang pendidikan dan sekat-sekat lainnya hampir gak pernah jadi masalah ... Semuanya mencair saat dialog dibangun ... Semua percakapan mengalir begitu saja ...

Hari-hariku menjadi semakin indah saja rasanya, saat aku pun terlibat dalam dialog sehari-hari mereka. Sebuah dialog yang mampu meretas semua sekat yang ada ...