Senin, 14 November 2011

O ... MY BACK ...

"O ... My back ..." 
Ucapan ini bisa kudengar berkali-kali dalam sehari. Seorang teman yang memang sedang mengalami sakit di bagian punggung selalu saja mengucapkan kata-kata ini saat dia membungkukkan badannya - entah saat menyedot debu atau memindah kertas atau menuang sampah dalam plastik atau pun saat mengerjakan tugas lainnya. 
Spontan aku akan bertanya "Are you OK?" or "Do you need help?"
Jawab temanku "No, thanks" atau "I'm fine."

Pernah suatu kali aku bertanya "Did you visit your doctor?"
Dia menjawab "Yeah ... But it still hurts."
Kulanjutkan dengan pertanyaan ini "Did you need to take medicine for that?"
Dia menjawab "Yeah ..."
Jawaban singkat yang menyiratkan semuanya sudah dilakukan, tetapi sakitnya belum kunjung sembuh.

Temanku yang satu ini sangat istimewa. Dia sangat pendiam. Jarang sekali aku melihatnya ngobrol panjang lebar dengan teman lain. Dia lebih senang membuat dirinya sibuk dengan banyak kegiatan. Hampir gak pernah aku mendengarnya mengeluh capai karena bekerja. Baginya, dengan "keep busy" waktu akan cepat berlalu dan hari pun menjadi tidak membosankan. 

Melihatnya bersemangat bekerja seperti itu, membuat manajer kantorku memfavoritkannya sebagai staf yang selalu dirujuk saat dia perlu memotivasi staf kantor lainnya. Semua staf kantor memang tahu dan menyetujui bahwa temanku yang satu ini memang rajin dan hampir gak pernah terlihat santai. Pun mereka semua tahu bahwa saat ini punggungnya mengalami masalah.

Bagiku, ini adalah sebuah contoh sikap positif yang sangat nyata. Sakit yang dirasakan atau ditanggung temanku tidak menjadi alasan baginya untuk bermalas-malasan. Dia tetap bekerja seperti biasa meskipun anggota tubuhnya gak 100% sehat. Dia juga gak meminta diistimewakan dalam menyelesaikan tugas-tugasnya sekalipun dia memiliki hak untuk mendapatkan "helper" karena kondisinya.

Aku salut dan memberikan penghargaan yang tinggi pada temanku yang satu ini - yang tetap beraktifitas seperti biasa sekalipun tidak sedang dalam kondisi terbaiknya ....