Rabu, 16 November 2011

IT STRESSED ME OUT ...

"It stressed me out" kata salah satu staf di pagi mendung ini.
"Which one?" tanya seorang staf lainnya.
"Everything" jawab si staf tadi.

It stressed me out. Sebuah kalimat yang sangat umum diucapkan di sini. Tidak selalu harus berhubungan dengan pekerjaan. Semua hal yang dirasa menjadi beban atau tidak menyenangkan, umumnya dianggap sebagai penyebab stress/tertekan.

"You know I stress everyday" lanjut staf yang mengatakan It stress me out.
"Yeah ... We are worry about everything ... We are worry that we can't afford anything ... That's why we stress ..." jawab staf satunya.

Dari percakapan tersebut, satu staf menganalisa penyebab stress. Ternyata penyebab stres adalah kecemasan atau ketakutan (berlebihan) akan sesuatu. Terutama, takut atau cemas yang diakibatkan ketidakmampuan mengatasi suatu masalah. Percakapan kemudian menjadi semakin intens tentang apa yang terjadi dan apa yang dirasakan. Ujung-ujungnya adalah bagaimana mencari jalan keluar dari persoalan tersebut.

Hmmmm ... Sebuah percakapan yang menarik. Percakapan tentang kecemasan dan ketakutan yang wajar dialami seseorang. Percakapan yang kemudian menjadi sharring singkat akan apa yang sedang dialami dan dirasakan. Ya ... Dua staf tadi kemudian saling curhat ...

Sebuah cara sharring yang unik ... Diawali dengan kalimat "It stressed me out" perasaan cemas dan takut pun kemudian terurai dan stress pun berkurang atau menghilang ...